SUARA INDONESIA KALIMANTAN TIMUR

Ketua Komisi II DPRD Bontang Apresiasi APBDP 2024 Naik

Mohamad Alawi - 08 August 2024 | 14:08 - Dibaca 608 kali
Advertorial Ketua Komisi II DPRD Bontang Apresiasi APBDP 2024 Naik
Rustam, Ketua Komisi II DPRD Kota Bontang. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BONTANG - Ketua Komisi II DPRD Kota Bontang Rustam, menyampaikan apresiasinya terhadap kenaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024. Dalam rapat paripurna di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Kamis (8/8/2024).

Rustam memaparkan rincian anggaran yang mencapai Rp 3,3 triliun, peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan APBD murni sebelumnya sebesar Rp 2,8 triliun.

"Kenaikan anggaran sekitar Rp 580 miliar ini didapat dari beberapa jenis pendapatan," kata Rustam.

Lebih rinci, Rustam menjelaskan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bontang mengalami kenaikan dari Rp 240 miliar menjadi Rp 290 miliar. Pendapatan daerah dalam APBD perubahan mencapai Rp 2,7 triliun, dengan dana transfer yang sebelumnya Rp 2,1 triliun meningkat menjadi Rp 2,4 triliun, serta pendapatan lain yang sah yang naik dari Rp 28 miliar menjadi Rp 36 miliar.

Dengan total anggaran yang disahkan mencapai Rp 3.385.998.808.720,-, Rustam, politisi dari Partai Golkar ini, berharap agar peningkatan APBD ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat.

"Harapan saya, APBD ini benar-benar digunakan untuk kesejahteraan rakyat dan demi rakyat," tegasnya.

Dalam suasana rapat yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan kota, Rustam menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran.

"Kita harus memastikan bahwa setiap rupiah yang dialokasikan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Bontang," ujarnya dengan penuh keyakinan.

Kenaikan APBD ini, kata dia tidak hanya mencerminkan kinerja ekonomi yang baik, tetapi juga merupakan hasil dari upaya kolaboratif antara pemerintah kota dan DPRD. Rustam menegaskan bahwa peningkatan pendapatan daerah ini merupakan bukti dari kerja keras semua pihak dalam mengoptimalkan potensi yang ada di Bontang.

Ia berharap dengan anggaran yang lebih besar, berbagai program pembangunan di sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik diharapkan dapat berjalan lebih lancar dan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap juga kenaikan APBD Perubahan 2024 ini dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat kota Bontang yang kita cintai ini,” tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya